Asuransi Pendidikan Anak Terbaik di Indonesia

divren.id – Halo Sobat, kali ini saya akan menyampaikan tentang Asuransi Pendidikan Anak Terbaik dindonesia yang bisa anda jadikan referensi dalam memilih jaminan masa depan untuk anak anda

Pengertian Asuransi Pendidikan

Secara bahasa, asuransi pendidikan merupakan frasa yang terdiri dari kata “asuransi” dan “pendidikan”. Asuransi berarti suatu perjanjian antara dua pihak berupa jaminan atas sesuatu. Sedangkan pendidikan merupakan bidang yang mendukung kognisi seseorang.

Jadi, menurut definisi, asuransi pendidikan adalah produk berupa penawaran jasa yang menjamin pendidikan seseorang di masa depan. Sebagian besar penawaran asuransi ini ditujukan kepada orang tua untuk melindungi kebutuhan pendidikan anak-anak mereka. Karena asumsinya setiap tahun akan terjadi kenaikan biaya pendidikan.

Di ibukota Indonesia sendiri, perkiraan biaya pendidikan pada tahun 2030 akan mencapai Rs 915 juta untuk tingkat universitas. Oleh karena itu, asuransi dalam bidang pendidikan merupakan hal penting yang harus dipersiapkan sejak awal.

BACA JUGA :  Contoh Laporan Keuangan Bumdes Lengkap

Manfaat Asuransi pendidikan

Meskipun kita tahu bahwa tujuan utama dari asuransi pendidikan adalah untuk melindungi pendidikan anak Anda, ada beberapa manfaat lain yang bisa diperoleh jika Anda mempersiapkan perlindungan ini sejak dini. Manfaat asuransi pendidikan anak usia dini adalah sebagai berikut:

  • Memastikan bahwa anak-anak menerima yang memadai dan cukup.
  • Alokasi dana atau biaya pendidikan jelas.
  • Hindari perubahan ekonomi keluarga ketika anak membutuhkan dukungan pendidikan yang memadai.
  • Semua hal yang berhubungan dengan pendidikan dapat dilakukan dengan mudah meskipun orang tua telah meninggal dunia.
BACA JUGA :  Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Jasa Salon Anggi

Jenis-jenis asuransi pendidikan

Nah, sekarang saatnya Anda mempelajari beberapa jenis asuransi pendidikan terbaik di Indonesia. Secara umum, ada dua jenis yang umum di masyarakat, yaitu asuransi unit link dan asuransi dwiguna. Namun, selain itu, ada juga produk asuransi serupa dari lembaga syariah. Langsung saja simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Asuransi Unit Link

Asuransi unit link merupakan jenis proteksi yang memiliki cara kerja yang sama dengan investasi. Dalam arti lain, ada keuntungan yang bisa direalisasikan seiring dengan jangka waktu pembayaran bulanan. Namun kembali ke sifat investasi pada umumnya, tidak ada jaminan bahwa Anda akan terus mendapatkan manfaat dari asuransi Anda.

Asuransi Dwiguna (Endowment)

Jenis asuransi dwiguna ini merupakan gabungan dari sistem asuransi pendidikan dan tabungan. Dengan demikian, premi yang dibayarkan oleh orang tua dapat dilakukan untuk jangka waktu tertentu sesuai dengan kesepakatan. Jadi, jika waktu pencairan sudah tiba, maka jumlah uang yang diterima cukup tinggi.

Asuransi Syariah

Pada dasarnya produk asuransi syariah dari segi pendidikan sama dengan jenis lainnya. Namun, segala bentuk transaksi dan perjanjian yang terjadi antara lembaga asuransi dan klien dilakukan sesuai dengan prinsip Syariah Islam.

BACA JUGA :  Cara Menghitung Laporan Keuangan Saham

Rekomendasi asuransi pendidikan terbaik

Seperti yang kita ketahui, ada banyak lembaga yang menawarkan produk asuransi pendidikan terbaik untuk anak, antara lain:

1. Manulife

Manulife menawarkan asuransi link untuk unit pendidikan yang disebut Manulife Education Protector. Produk ini dapat memberikan jaminan di bidang pendidikan anak di masa depan, sekaligus memenuhi kebutuhan investasi Anda di berbagai produk Manulife lainnya, seperti reksa dana saham dan pasar uang. Premi yang dibayarkan sekitar 1 juta per bulan.

2. Prudential

PRUlink Edu Protection adalah salah satu jenis asuransi pendidikan yang menjadi fondasi dari Prudential. Jenis produk ini menawarkan perlindungan kepada keluarga dalam satu polis. Premi yang harus dibayarkan mulai dari Rp 500.000 per bulan dengan keuntungan hingga 30 juta per polis.

3. Seqius

Layanan asuransi pendidikan terbaik yang ditawarkan lembaga ini dapat memberikan perlindungan biaya pendidikan sekaligus jaminan jiwa. Klien akan mendapatkan keuntungan hingga 200% selama pembayaran premi dapat dilakukan dalam waktu 10-16 tahun. Sequis menetapkan jumlah pertanggungan minimal 20 juta yang harus dibayar sesuai dengan jangka waktu yang dipilih.

4. Mandiri

Pilihan selanjutnya adalah Mandiri Prospera Protection Insurance dari Bank Mandiri. Sejumlah manfaat yang bisa diperoleh adalah perlindungan risiko kecacatan, jaminan uang sekolah atau uang sekolah untuk anak-anak dan bonus loyalitas. Premi minimum untuk produk tersebut adalah Rp 3,6 juta per tahun.

5. BNI

BNI menawarkan Solusi Cerdas sebagai produk asuransi pendidikan terbaiknya. Mulai dari anak sekolah dasar hingga usia kuliah dapat merasakan manfaat dari layanan yang ditawarkan ini. Jangka waktu premi yang diberikan berkisar antara 9 hingga 17 tahun dengan biaya Rp 5 juta per tahun.

6. BCA

Referensi terakhir adalah Proteksi Edukasi Maksima (Eduplan) oleh bank BCA. Produk ini merupakan jenis asuransi dwiguna yang menyediakan periode pembayaran premi mulai dari 3 hingga 15 tahun ke depan. Sedangkan untuk biaya premi bisa mencapai 60 juta-an per tahun dan bisa berubah sesuai usia Tertanggung.

BACA JUGA :  Laporan Keuangan Cv Excel

Simulasi Asuransi Pendidikan

Beberapa dari Anda mungkin masih bingung bagaimana menerapkan jaminan ini di dunia nyata. Untuk lebih jelasnya, yuk simak simulasi asuransi pendidikan di bawah ini!

  • Usia masuk orang tua: 28 tahun.
  • Usia anak: 0 tahun.
  • Jangka Waktu Pembayaran Premi: 15 tahun.
  • Dana Pendidikan: Rp 250.000.000.
  • Uang Pertanggungan: Rp 480.000.000.
  • Hadiah tahunan: Rp 32.000.000.

Jika salah satu orang tua meninggal dunia dalam masa pembayaran premi (15 tahun), maka:

  • Total Rs 480 juta dibayarkan kepada anak yang bersangkutan.
  • Manfaat pembayaran terjadwal saat anak berusia 18 tahun. dibayarkan sebesar Rp250.000.000.
  • Beberapa polis menerapkan pembebasan premi dan kontinuitas dialihkan ke Penanggung.
BACA JUGA :  Laporan Keuangan Neraca Dan Laba Rugi Perusahaan Dagang

Tips memilih asuransi pendidikan untuk anak

Memilih asuransi untuk pendidikan anak usia dini adalah proses yang panjang. Anda harus mempertimbangkan semua langkah dengan hati-hati untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan. Berikut tips memilih jaminan pendidikan untuk anak.

  • Pelajari tentang dana yang bisa disisihkan untuk biaya pendidikan anak.
  • Jika masih belum ada dana yang tersedia, cobalah untuk memulai. hemat uang dari awal pernikahan.
  • Perkirakan pengeluaran lain yang akan mempengaruhi pengurangan biaya pendidikan anak.
  • Tetapkan tujuan spesifik saat memilih asuransi.
  • Pilih institusi dengan kredibilitas yang jelas.

Hal-hal Yang Perlu Di Perhatikan

Selain sejumlah tips di atas, perhatikan juga berbagai komponen saat membuat kutipan asuransi. Simak poin-poin berikut untuk mengetahui apa saja yang perlu diperhatikan saat memilih asuransi pendidikan terbaik.

  • Bank atau perusahaan asuransi beroperasi dengan izin OJK (Otoritas Jasa Keuangan).
  • Sesuai dengan dana atau anggaran yang dialokasikan untuk pendidikan anak Anda.
  • Produk asuransi dijelaskan secara rinci.
  • Citra dan reputasi institusi.
  • Kredibilitas tetap terjaga, yang dapat dibuktikan dengan sejarah pelayanan yang diberikan.

Itulah beberapa penjelasan tentang Asuransi Pendidikan Anak Terbaik. Semoga dapat membantu!

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker