Cara Bermain Saham Jangka Pendek, Profitable!

divren.id – Cara bermain saham jangka pendek tidak hanya dengan membeli saham yang bagus-bagus saja. Ada banyak strategi cara main saham yang bisa kamu ikuti agar tetap untung.

Setelah Anda mengetahui apa itu saham, kelebihan dan kekurangannya, Anda bisa langsung berinvestasi saham. Siapapun bisa melakukan cara bermain saham, bahkan jika Anda memiliki jaringan internet, Anda bisa berinvestasi saham.

Cara paling penting untuk bermain dengan inventaris adalah Anda sudah mengetahui tujuan utama dari apa yang akan Anda lakukan dalam pengelolaan inventaris. Apakah Anda ingin melakukan investasi jangka panjang atau pendek?

Cara Main Saham Bagi Pemula

Setelah Anda mengetahui tujuan-tujuan ini, Anda sekarang tahu cara bermain saham agar tetap menguntungkan.

Yuk, temukan beberapa cara bermain saham agar tidak rugi.

1. Pahami investasi saham secara detail

Cara bermain saham yang pertama adalah anda perlu mengetahui ilmu investasi saham, karena kenyataannya dalam dunia investasi khususnya saham akan banyak sekali istilah-istilah teknis yang cukup sulit.

Yang terpenting adalah Anda perlu mengetahui apa itu investasi saham yang sebenarnya, yaitu instrumen pasar keuangan yang berupa tanda penyertaan modal seseorang atau badan hukum dalam suatu perseroan atau perseroan terbatas.

Penting juga untuk diketahui bahwa cara bermain saham yang benar adalah dengan mempelajari berbagai jenis saham dan memilih investasi saham yang tepat. Ada tiga cara untuk memilih investasi saham, yaitu berinvestasi pada saham individu, saham dan reksa dana saham.

2. Pilih posisi trader atau investor

Untuk cara bermain saham selanjutnya, Anda perlu memutuskan apakah akan menjadi trader atau investor. Jika Anda ingin melakukan investasi jangka panjang dan mendapatkan keuntungan untuk waktu yang lama, pilihlah menjadi investor.

Sementara itu, jika Anda ingin mendapat untung dari investasi jangka pendek atau hanya memiliki selisih antara harga permintaan dikurangi harga beli, maka Anda bisa menjadi seorang trader.

Tentunya penentuan posisi ini harus dilakukan dengan hati-hati dan dilihat dari semua sisi, agar tidak mengambil resiko yang terlalu besar.

3. Beli saham saat harga turun

Anda bisa membeli saham saat harga turun karena saham yang mengalami penurunan harga bisa naik di periode selanjutnya. Oleh karena itu, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang sangat besar.

Namun, ketika harga saham perusahaan turun, Anda tetap harus melihat situasi dan menebak apakah saham tersebut akan naik atau malah merugikan Anda. Cara Bermain Saham untuk Pemula Juga jangan menyerahkan semua modal yang Anda miliki untuk ditukar dengan penurunan harga saham, karena jika tidak hati-hati bisa berisiko.

4. Diversifikasi saham

Cara bermain saham selanjutnya adalah diversifikasi saham. Apa itu diversifikasi saham? Merupakan teknik investasi untuk mengelompokkan dan memilih saham dengan risiko kerugian yang rendah, yaitu saham perbankan, barang konsumsi atau real estate.

5. Gunakan uang dingin

Bagi Anda yang masih baru dalam berinvestasi saham, cara bermain saham ini menjadi salah satu cara yang penting untuk dilakukan. Untuk berinvestasi di tahap awal, Anda perlu menggunakan cold cash atau uang yang telah disisihkan untuk kebutuhan sehari-hari.

Biasanya uang dingin ini adalah bonus dan jarang digunakan untuk kehidupan sehari-hari. Cold money juga sering disebut dana idle. Sedangkan alasan kenapa anda harus menggunakan cold money terutama bagi yang ingin trading karena saham naik turun. Jadi, jika saham yang Anda kelola turun, dana untuk kehidupan sehari-hari Anda tidak akan terpengaruh.

6. Hindari hutang

Jangan senang berinvestasi ketika modal yang Anda miliki tidak terlalu besar dan beralihlah ke utang untuk bisa bermain saham karena saham adalah investasi jangka panjang dan saham digunakan untuk mendapatkan keuntungan masa depan yang maksimal sehingga keuangan Anda pun ikut meningkat. .

Jika Anda berhutang untuk berinvestasi di saham, itu menjadi risiko yang cukup besar, keuntungan dari saham nantinya akan digunakan untuk melunasi hutang dan investasi di saham akan sia-sia.

7. Pilih saham dengan indeks IDX30 dan LQ45

Di Bursa Efek Indonesia (BEI) terdapat indeks saham yang berguna sebagai ukuran statis perubahan pergerakan saham yang dikelompokkan dengan kriteria tertentu. Bagi yang baru bermain saham dan ingin bermain aman, sebaiknya pilih saham di indeks IDX30 dan LQ45.

Sementara itu, kedua indeks saham tersebut merupakan saham yang memiliki fundamental perusahaan yang baik dan cukup likuid. Biasanya, saham indeks juga memiliki seed yang cukup tinggi atau disebut blue chips.

Terjun ke dunia investasi memang memiliki risiko, di mana Anda bisa saja mengalami kerugian dan kesulitan dalam keuangan ketika menjalankannya. Hal ini pernah dirasakan oleh semua investor, bahkan investor yang sudah lama malang melintang di dunia investasi sekali pun.

Kerugian jangka pendek yang terjadi di dalam investasi merupakan hal yang umum, terutama untuk para investor pemula. Namun nyatanya, hal ini masih kerap jadi kekhawatiran panjang bagi para investor.

Itulah sobat, cara bermain saham jangka pendek bagi pemula agar terus tetap untung. Jika, kamu masih belum mengerti cara bermain saham, saat ini ada banyak alternatif kursus online saham atau dengan aplikasi broker online yang terpercaya.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker