Aplikasi Pembukuan Keuangan Untuk UMKM Paling Praktis!

divren.id – Halo Sobat Kali Saya akan menulis artikel tentang Aplikasi Pembukuan Keuangan Untuk UMKM,  Mau tau apa saja aplikasinya? Yuk disimak penjelasan berikut ini!

Related Articles

UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah merupakan sektor penggerak utama perekonomian negara

Meski banyak UMKM yang sudah go digital, tak sedikit yang masih berjuang untuk bertahan.

Salah satu cara untuk mempermudah para pengusaha UMKM dalam menunjang kegiatan operasionalnya adalah dengan mengenalkan aplikasi pembukuan.

Padahal, pencatatan keuangan bisa dilakukan secara manual melalui pembukuan.

Tapi ini akan memakan waktu lama dan akan sulit. Padahal ada cara lain yang jauh lebih mudah yaitu menggunakan aplikasi akuntansi.

Baik bagi yang memiliki usaha kecil atau memiliki kenalan yang merupakan pelaku UMKM.

Aplikasi Pembukuan Keuangan Untuk UMKM

 

Berikut ini beberapa aplikasi pembukuan ini dapat digunakan untuk memudahkan proses pencatatan pendapatan dan pengeluaran bisnis/usaha;

Buku Kas

Aplikasi simbol lebah ini adalah salah satu aplikasi akuntansi paling populer di kalangan pemain UMKM.

Gratis untuk diunduh di ponsel Android dan iOS, aplikasi ini telah dipercaya oleh jutaan pengusaha mikro di lebih dari 700 kota di Indonesia.

Selain mencatat keuangan, Anda dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan setiap penjualan untuk mengirim dan menerima uang tanpa biaya bank.

Akuntansi UMKM-Money Manager

Menggunakan antarmuka yang sederhana, aplikasi akuntansi UKM-Money Manager dapat membantu Anda mencatat keuangan bisnis dan pribadi.

Beberapa fitur yang dapat digunakan antara lain pencatatan keuangan tanpa batasan periode dan dapat digunakan secara online.

Quickbooks

Selain aplikasi yang bisa berjalan di ponsel Android dan iOS, ada juga berbagai macam aplikasi yang dirancang khusus untuk kebutuhan bisnis.

Salah satunya adalah Quickbook. Anda dapat menggunakannya untuk membuat faktur, laporan laba rugi, neraca, laporan pembelian, dll.

Selain memiliki fitur lampiran foto, Anda dapat mengelompokkan setiap transaksi untuk memudahkan pelacakan pelaporan. Quickbooks dapat diakses melalui tablet berbasis Android atau PC yang terhubung ke Internet.

Wave

Berasal dari Amerika Serikat, Wave merupakan software akuntansi yang telah dipercaya jutaan orang. Beberapa fungsi untuk memudahkan proses akuntansi terintegrasi, antara lain menerbitkan kwitansi dan mengirimkan faktur.

Selain terlihat menarik, Wave dapat digunakan tanpa melalui proses instalasi.

Sayangnya, karena didesain untuk digunakan di Amerika Serikat, banyak fitur yang tidak bisa dibuka oleh pengguna Indonesia.

Freshbooks

Freshbooks sedikit lebih ramah untuk pemilik usaha kecil. Aplikasi keuangan berbasis cloud ini tidak hanya memudahkan untuk menyimpan catatan keuangan, tetapi juga menghasilkan faktur, laporan, dan pelacakan waktu.

Selain itu, ada banyak fitur tambahan lainnya yang memastikan bisnis Anda mudah dikelola, seperti melacak pendapatan, faktur, dll. Menggunakan aplikasi ini akan membuat proses akuntansi lebih efisien.

Jubelio

Aplikasi lain yang tidak kalah berguna dalam proses akuntansi adalah Jubelio.

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengintegrasikan pasar perdagangan Anda dengan akuntansi sehingga Anda tidak perlu memasukkan data secara manual.

Beberapa fitur lain yang juga bisa Anda manfaatkan adalah pencatatan keuangan, pelacakan inventaris hingga pembuatan invoice.

Selain menghubungkan aplikasi akuntansi dengan marketplace, Anda juga dapat mengintegrasikannya dengan toko offline. Semuanya dapat diakses dalam satu panel yang sangat praktis.

 

Menjalankan bisnis bukan hanya tentang menjual produk yang bagus. Seberapa efisien Anda dapat melakukan kegiatan operasional juga menentukan masa depan bisnis yang Anda jalankan.

Nahh,itulah tadi beberapa Aplikasi Pembukuan Keuangan Untuk UMKM yang bisa kamu gunakan. Semoga artikel ini bermanfaat ya buat sobat!

 

Check Also
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker