Cara Mengisi Surat Lamaran Kerja Yang Dibeli Di Fotocopy

Divren.id – Surat lamaran kerja adalah dokumen penting yang harus disiapkan ketika seseorang ingin melamar pekerjaan. Surat ini berfungsi untuk memberikan informasi mengenai diri kita kepada pihak perusahaan yang akan kita lamar.

Namun, terkadang ada situasi di mana kita membutuhkan surat lamaran kerja dengan cepat dan tidak memiliki waktu untuk membuatnya sendiri. Salah satu solusinya adalah dengan membeli surat lamaran kerja yang sudah jadi di tempat fotocopy.

Namun, bagaimana cara mengisinya dengan tepat? Berikut adalah panduan cara mengisi surat lamaran kerja yang dibeli di fotocopy.

BACA JUGA :  Cara Daftar WIFI PLN : Mudah disetujui sampai pemasangan

Langkah Pertama: Perhatikan Format Surat Lamaran Kerja

Sebelum mulai mengisi surat lamaran kerja yang dibeli di fotocopy, perhatikan terlebih dahulu format surat tersebut.

Pastikan formatnya sesuai dengan standar surat lamaran kerja pada umumnya. Biasanya, surat lamaran kerja terdiri dari tiga bagian utama, yaitu bagian pembuka, isi, dan penutup.

Bagian pembuka berisi salam pembuka, bagian isi berisi informasi mengenai diri kita, dan bagian penutup berisi salam penutup dan tanda tangan.

Langkah Kedua: Perhatikan Blanko yang Tersedia

Setelah memahami format surat lamaran kerja, perhatikan juga blanko yang tersedia pada surat lamaran yang dibeli di fotocopy.

Cermati dengan teliti apakah ada bagian yang harus diisi secara manual atau masih kosong. Jika ada bagian yang masih kosong, pastikan untuk mengisi bagian tersebut dengan informasi yang relevan dan sesuai dengan posisi pekerjaan yang dilamar.

Langkah Ketiga: Perhatikan Teks yang Sudah Ada

Selanjutnya, perhatikan teks yang sudah ada pada surat lamaran kerja yang dibeli di fotocopy. Pastikan untuk membaca dengan seksama teks yang sudah ada tersebut.

BACA JUGA :  Cara Mengatasi Laptop Hank : Ini Penyebab dan Solusi nya!

Jika ada bagian yang tidak relevan atau tidak sesuai dengan posisi pekerjaan yang dilamar, hapuslah bagian tersebut dan gantilah dengan informasi yang relevan.

Langkah Keempat: Isi Informasi Pribadi dengan Jelas dan Lengkap

Setelah memeriksa teks yang sudah ada, saatnya mengisi informasi pribadi kita dengan jelas dan lengkap. Pastikan untuk mencantumkan nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan alamat email dengan benar. Jangan lupa juga untuk menyertakan foto terbaru di sudut kanan atas surat lamaran kerja.

Langkah Kelima: Isi Posisi Pekerjaan yang Dilamar

Setelah mengisi informasi pribadi, berikutnya adalah mengisi posisi pekerjaan yang dilamar. Cantumkan nama posisi pekerjaan yang sesuai dengan iklan lowongan kerja yang kita lamar. Jika terdapat nomor referensi lowongan kerja, jangan lupa juga untuk mencantumkannya.

Langkah Keenam: Isi Pengalaman Kerja dan Pendidikan

Setelah itu, isi bagian pengalaman kerja dan pendidikan. Jika kita memiliki pengalaman kerja sebelumnya, tuliskan dengan jelas nama perusahaan, posisi yang pernah diemban, serta tanggung jawab yang diemban. Jika belum memiliki pengalaman kerja, bisa mengisi dengan informasi mengenai pendidikan yang kita tempuh, seperti nama perguruan tinggi, jurusan, dan tahun lulus.

BACA JUGA :  Cara Daftar Online RSHS Via Sms

Langkah Ketujuh: Isi Motivasi dan Keahlian yang Dimiliki

Selanjutnya, isi bagian motivasi dan keahlian yang dimiliki. Tuliskan dengan jelas apa motivasi kita dalam melamar pekerjaan di perusahaan tersebut. Ungkapkan juga keahlian yang kita miliki dan relevan dengan posisi pekerjaan yang dilamar.

Langkah Kedelapan: Periksa Kembali Surat Lamaran Kerja

Setelah selesai mengisi semua informasi, jangan lupa untuk memeriksa kembali surat lamaran kerja yang telah kita isi. Periksa apakah ada kesalahan penulisan atau informasi yang kurang jelas. Pastikan tidak ada kesalahan ejaan atau kesalahan lainnya yang dapat membuat surat lamaran kerja terlihat tidak profesional.

Langkah Kesembilan: Tanda Tangan dan Lampirkan Dokumen Pendukung

Setelah memeriksa kembali surat lamaran kerja, tanda tangani surat tersebut di bagian penutup. Jangan lupa juga untuk melampirkan dokumen pendukung lainnya, seperti curriculum vitae, fotokopi ijazah, dan sertifikat pendukung lainnya.

Kesimpulan

Mengisi surat lamaran kerja yang dibeli di fotocopy memang membutuhkan ketelitian ekstra. Meskipun demikian, dengan mengikuti panduan di atas, diharapkan kita dapat mengisi surat lamaran kerja dengan tepat dan sesuai dengan posisi pekerjaan yang dilamar.

Tetap perhatikan format surat lamaran kerja yang baik dan profesional, serta pastikan untuk mengisi semua informasi dengan jelas dan lengkap. Semoga berhasil dalam melamar pekerjaan!

Originally posted 2024-02-01 23:20:00.

Check Also

Cara Daftar Online RSHS Via Sms

Divren.id Begini cara daftar online Rshs Via Sms bagi Anda yang ingin mendaftar online menjadi …